Sidang Pelepasan Varietas Balittro

Sidang pelepasan varietas tanaman perkebunan tahap ke-dua tahun 2019  dilaksanakan pada tanggal  16 – 18 Oktober 2019 di Hotel Novotel, Solo. Sebanyak 19 usulan pelepasan calon varietas dan klon dipresentasikan di hadapan Tim Penilai Pelepasan Varietas (TP2V) Tanaman Perkebunan, Direktorat Perbenihan, Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Perkebunan sebagai pimpinan sidang adalah  Direktur Perbenihan Ditjen Perkebunan.

Calon varietas dan klon yang diusulkan meliputi  delapan komoditi perkebunan yaitu sawit, kelapa, cengkeh, tebu, tembakau, abaka, kayu manis dan pala.  Institusi pengusul  calon varietas / klon dari Balai Lingkup Puslitbang Perkebunan, pemerintah daerah, perusahaan perkebunan dan perguruan tinggi.

Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro)  sebagai salah satu dari empat Balai dari Puslitbang Perkebunan dalam sidang pelepasan mempresentasikan calon varietas unggul Cengkeh, Pala, dan Kayumanis.

Dihadapan delapan belas anggota Tim penguji, para peneliti pemulia Balittro secara menyakinkan menyampaikan presentasi yaitu Dr.  Nurliani Bermawie dengan cengkeh “Siantan Agribun” kerjasama Pemerintah daerah Kab. Anambas Kepulauan Riau; Dr. Otih Rostiana dengan Kayumanis Ceylon “Zeyna Agribun 01” dan “Zeyna Agribun 02”; Drs. Cheppy Syukur dengan Kayumanis “Koerintji” bekerja sama dengan Pemda Provinsi Jambi serta Ir. Sri Wahyuni dengan Pala “Tiangau Agribun” bekerjasama Pemda Kab. Anambas, Kepulauan Riau.

Pada kesempatan tersebut ditampilkan juga aneka olahan dari Kayumanis ceylon antara lain berupa teh celup, kopi Kayumanis, cookies Kayumanis. Sedang untuk pala berupa aroma terapi, sirup pala dan manisan pala, untuk cengkeh juga berupa minyak cengkeh.

Kepala Balai Dr. Ir. Evi Savitri Iriani M.Si, memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua tim peneliti Balittro yang telah bekerja keras dan bekerja cerdas dalam melakukan penelitian, pengamatan dan menyiapkan usulan calon-calon varietas unggul, sehingga sukses disetujui dirilis sebagai varietas unggul baru.

Hasil sidang memutuskan menyetujui semua varietas yang diusulkan oleh Balittro yaitu Cengkeh Siantan Agribun dan Pala Tiangau kerjasama Balittro dengan Pemda Kab. Anambas , Kepulauan Riau, Kayumanis Koerintji kerjasama Balittro dengan Pemda Provinsi Jambi, Kayumanis Ceylon dari Balittro

Kepala Puslitbang Perkebunan Ir. Syafaruddin PhD yang juga hadir dalam sidang pelepasan ini menyampaikan terima kasih kepada semua tim pelepasan varietas dari balai-balai komoditi lingkup Puslitbang Perkebunan, atas kinerja mempersiapkan calon-calon varietas dan klon bekerjasama dengan mitra pemda, perusahaan swasta dan perguruan tinggi hingga sukses dirilis sebagai varietas dan klon unggul baru. Mewajibkan untuk dibangun kebun induk sebagai sumber benih  dalam rangka  penyediaan benih mendukung program peremajaan dan perluasan areal perkebunan.

Semoga varietas-varietas unggul baru yang telah berhasil dirilis dapat segera dimanfaatkan oleh para stakeholder dalam pengembangan tanaman perkebunan saat ini.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *