Partisipasi Balittro dalam Konferensi Nasional Minyak Atsiri

KNMA (Konferensi Nasional Minyak Atsiri) merupakan suatu forum tahunan bagi seluruh pemangku kepentingan untuk melakukan transfer informasi dan pengetahuan baik mengenai peluang usaha dan tantangan dalam pengembangan minyak atsiri.

KNMA 2019 saat ini bertemakan “Atsiri Hutan Tropis dan Lahan Pasca Tambang Untuk Kesehatan dan Kesejahteraan”. Dalam KNMA 2019 ini dipaparkan tentang keberhasilan pengembangan tanaman seraiwangi dan kayu putih pada lahan pasca tambang sebagai tanaman pioner dan sekaligus sebagai sumber pendapatan. Diskusi yang hangat juga tentang keberhasilan Indonesia sebagai produsen minyak seraiwangi nomor wahid didunia, namun dibalik itu menjadikan harga minyak tersebut menurun di harga 140.000-170.000 /kg. Utk hal tersebut perlu dikembangkan atsiri lainnya seperti serai dapur type india (C. flexiosus) dan Clausena anisata. Pengembangan minyak atsiri tersebut perlu dukungan berbagai pihak baik dalam penyiapan bahan baku (varietas unggul, budidaya), penyulingan, maupun proses lanjutan. Keberlanjutan Indonesia sebagai pemasok minyak nilam terbesar didunia perlu terus dijaga dengan penyiapkan teknologi budidaya khususnya dalam mengatasai masalah autotoksik dan penyakit.

Diharapkan dengan KNMA menjadikan jalan sinergi yg selaras dari berbagai pihak dalam pengembangan atsiri dibumi nusantara untuk kejayaan bangsa.

One thought on “Partisipasi Balittro dalam Konferensi Nasional Minyak Atsiri

  • Sabtu Pebruari 29th, 2020 at 03:15
    Permalink

    keren, tulisan ini sangat membantu. ane jadi mengerti banyak hal dari postingan ini. cool!!!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *