Peningkatan Kompetensi SDM untuk Pengembangan Tanaman Pala

Bogor, 02 – 04 Oktober 2019. Selama tiga hari Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) melakukan Pendampingan Teknis Peningkatan Kompetensi Sumberdaya Manusia untuk Pengembangan Tanaman Pala, dengan jumlah peserta 15 orang berasal dari Direktorat Tanaman Semusim dan Rempah Perkebunan, Ditjenbun Kementan.

Kegiatan ini dibuka oleh Dr. Ir. Evi Savitri Iriani, M.Si didampingi oleh Dra. Nur Maslahah, M.Si selaku Kepala Seksi Jasa Penelitian , oleh Ir. Sri Wahyuni selaku narasumber Perbenihan , Ir. Agus Ruhnayat selaku Narasumber Budidaya dan Dr. Dono Wahyuno serta Ir. Sri Rahayuningsih, M.Si selaku Narasumber OPT Tanaman Pala.

Ir. Agus Ruhnayat menyampaikan Perbanyakan pala secara vegetatif melalui sambung pucuk (epicotyl grafting dan soft grafting) mempunyai prospek untuk di kembangkan karena tingkat keberhasilannya relatif tinggi bisa mencapai lebih dari 80%. Melalui perbanyakan vegetatif komposisi dan posisi antara jantan dan betina yang tepat di lapang dapat ditentukan sejak dini, dan dipastikan mempunyai sifat-sifat unggul seperti induknya serta diharapkan berproduksi lebih awal dengan vigor tanaman lebih pendek namun bercabang tetap banyak sehingga akan memudahkan panen buah.

Ir. Galih Surti Solihin, M.M Kepala SubDit Tanaman Lada, Pala dan Cengkeh Direktorat Tanaman Semusim dan Rempah selaku ketua rombongan berharap kegiatan pendampingan teknis ini memberikan manfaat bagi petugas dalam mengawal kegiatan pengembangan perkebunan dan memberikan wawasan serta pengetahuan teknis. Pembangunan perkebunan ke depan dihadapkan berbagai tantangan seiring dengan perkembangan lingkungan yang sangat dinamis dan berbagai persoalan mendasar terutama tekanan globalisasi liberasasi pasar, oleh karena itu dituntut profesionalitas dan kompetensinya. (efiana/Balittro)

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *