Pendampingan Teknis Balittro terhadap Direktorat Tanaman Rempah dan Semusim dengan Tema “Peningkatan Kompetensi SDM untuk Pengembangan Tanaman Lada”

Bogor, 25 – 27 September 2019. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat melakukan Pendampingan Teknis “Peningkatan Kompetensi Sumberdaya Manusia untuk Pengembangan Tanaman Lada” dengan jumlah peserta 15 orang yang berasal dari Direktorat Tanaman Semusim dan Rempah Perkebunan, Direktorat Jenderal Perkebunan.

Kegiatan Pendampingan Teknis ini di buka oleh Ibu Dra. Nur Maslahah, Msi sebagai Kepala Seksi Jasa Penelitian Balittro didampingi Dra. Endang Hadipoetyanti, MS dan Dr. Sukamto selaku narasumber. Materi yang disampaikan pada Pendampingan teknis ini diantaranya Pengenalan Varietas Unggul Lada, Perbenihan Produksi Benih Lada sesuai SNI, Materi Teknis Perbanyakan, Budidaya Lada, Pembangunan Kebun Induk Lada, Praktek Perbanyakan dan Budidaya Tanaman Lada serta Pengendalian OPT Tanaman Lada dengan menggunakan Pestisida Nabati (ramah lingkungan).

Bimbingan teknis ini suatu kesempatan guna menambah wawasan dan ketrampilan khususnya tanaman lada bagi para peserta dan dapat menyampaikan dengan baik dari sektor hulu hingga hilirisasi pada saat dilapangan,”ujar Ir. Galih Surti Solihin, MM Kepala Subdit Tanaman Lada, Pala, Cengkeh Direktorat Tanaman Semusim dan Rempah Perkebunan Ditjenbun.

Direktur Tanaman Semusim dan Rempah Perkebunan Ditjenbun Dr. Agus Wahyudi menyampaikan Pentingnya tema pembekalan ilmu saat ini bagi para pegawai Direktorat Tanaman Semusim dan Rempah Perkebunan Ditjenbun adalah untuk menyongsong Program Bun 500 tahun 2020 nanti, dimana tanaman Lada merupakan salah satu tanaman perkebunan yang menjadi prioritas unggulan dalam meningkatkan Kejayaan Rempah Indonesia.

Harapannya kegiatan pendampingan teknis ini ilmu yang telah disampaikan oleh pakar-pakar peneliti Ballittro khususnya Tanaman Lada dapat diterapkan dan langsung diaplikasikan kepada masyarakat. (efiana/Balittro).

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *