Belajar Tehnik Budidaya Tanaman di Kebun Percobaan Cimanggu Balittro Bogor

Untuk sekian kalinya Kebun Percobaan Cimanggu Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) Bogor  dibawah naungan Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian dikunjungi oleh para siswa/siswi Sekolah Dasar Negeri Cimahpar 1 Bogor sebanyak 83 siswa dan 3 orang guru pembimbing untuk belajar mengenai tehnik budidaya Tanaman meliputi tehnik mencangkok, menempel (Okulasi) dan menyambung. Pada kesempatan ini anak-anak diterima langsung oleh Kepala Kebun Percobaan Cimanggu dan dipandu untuk  diberikan materi cara mencangkok, menyambung dan menempel dengan cara yang benar. Pada kunjungan ini anak-anak tidak hanya diberikan materi budidaya tetapi praktek langsung semua siswa untuk mencangkok sendiri dari materi yang dipraktekkan dan menanam langsung di bedengan sebelumnya anak-anak diajak berkeliling melihat-lihat koleksi tanaman obat yang ditanam dan dipelihara dengan baik di Petak Pamer Tanaman Obat Balittro.

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 1. Materi tehnik mencangkok dan mengenal tanaman obat

Antusias anak-anak Sekolah Dasar Negeri Cimahpar 1 Bogor menerima materi ini secara langsung dan merupakan salah satu  materi pelajaran IPA yang selalui dipelajari di sekolah. “Tujuan siswa/siswi berkunjung kesini adalah anak-anak  lebih mengenal tanaman dan tehnik budidaya tanaman secara langsung yang selama ini hanya melihat di buku-buku sekolah kata Melly Karmila” Salah satu ibu guru pembimbing SD Negeri Cimahpar 1 yang secara langsung mengajak anak-anak berkunjung ke lapang.  Kebun Percobaan Cimanggu Balittro banyak mengoleksi tanaman obat, rempah, industri, getah perca dan tanaman atsiri yang masih dipelihara dengan baik sebagai sumber plasma nutfah agar tidak punah sekaligus sebagai wisata edukasi bagi para pelajar dan masyarakat umumnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2. Siswa belajar  menanam dan mencangkok secara langsung setelah menerima materi

Pengenalan dan budidaya tanaman kepada anak-anak secara dini memberikan motivasi untuk lebih mencintai tanaman dan mengenal tanaman dilingkungan alam terbuka “Back to Nature” sambil belajar dan melakukan sesuatu yang baik “Leaning by doing” (T.E. Wahyono/E.R. Kabul/U. Sutarya/M. Kusnadi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *