Balittro dalam Pendampingan Bimtek Budidaya dan Pengolahan Pasca Panen Tanaman Vanili

Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat menugaskan Dra. Endang Hadipoentyanti, MS Sebagai Narasumber atas permintaan dari Penabulu Foundation/ Alliance didukung  Kerk in Actie, ICCO Cooperation dan Pemda Kab. Sigi dalam rangka mendukung Program Pemulihan untuk Masyarakat terdampak bencana di Sulawesi Tengah dalam rangka kegiatan Pelatihan/ Bimbingan Teknis Budidaya Vanili dan Pelatihan Pasca Panen Vanili yang dilaksanakan tanggal 20-25 Agustus 2019 di Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Acara Pelatihan ini mengenalkan Varietas Unggul Vanili ; Standar Nasional Indonesia Benih Tanaman Vanili; Produksi, Sertifikasi, Peredaran dan Pengawasan Benih Tanaman Vanili  ; Pembuatan Kebun Sumber Benih Tanaman Vanili; GAP  Budidaya dan Pengolahan Pasca Panen Tanaman Vanili di Kec. Kulawi, Kab. Sigi, Sulawesi Tengah .

Lokasi pelatihan dengan materi dilaksanakan di Ruang Serbaguna Kec. Kulawi di Desa Bolapapu. Pelatihan dibuka oleh Sekretaris Camat Kec.Kulawi, dihadiri oleh perwakilan Ketua BPD Kec.Kulawii ; Perwakilan Kepala Desa Kec.Kulawi ; Perwakilan BPP Kec.,Kulawi. Total peserta yang mengikuti pelatihan ini 125 petani vanili, 21 petani dari desa Lonca, 34 petani dari desa Boladangko, 37 petani dari desa Bolapapu, 18 petani dari desa Tangkulowi, 12 petani dari desa Mataue, 2 petani dari desa Sungku, dan 1 petani desa Winatu.

Pelaksanaan praktek lapangan dilakukan di berbagai lokasi, waktu dan pembagian peserta yaitu pada tanggal 22 Agustus 2019 pukul 10.00 – 12.00 dilakukan praktek lapang di desa Boladangko (Kebun Vanili Bapak Muhammad) yang di ikuti oleh 35 petani vanili desa Boladangko; pukul 13.00 – 14.00 praktek lapang di desa Bolapapu (Kebun Bapak Ronald), di ikuti oleh 15 petani vanili Bolapapu; pukul 14.30 – 16.30 praktek lapang di desa Tangkukowi dihadiri, oleh 25 petani vanili Tangkulowi dan pada tanggal 23 Agustus 2019, pukul 09.00- 17.00 dilakukan praktek lapang di desa Lonca yang dihadiri oleh 41 petani desa Lonca (Kebun Bapak Amos).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *