Antisipasi Kekeringan di Garut, Desa Sukahati, Balittro Hadiri Acara Pomponisasi Embung dengan Stakeholder

Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) bersama Kabarantan, Kodim 061 Garut, Dinas Petanian Garut, POPT, Penyuluh dan Kelompok Tani Desa Sukahati terjun bersama untuk memperbaiki dan memperdalam saluran irigasi akibat sedimentasi/pengendapan kurang lebih sepanjang 1 km.

Kegiatan dilaksanakan di Desa Sukahati Kecamatan Cilawu yang di kerjakan lebih dari 100 orang petani. Irigasi ini merupakan sumber air yang mengairi lahan pertanian pada 4 kecamatan yaitu Kecamatan Bayongbong, Cilawu, Garut Kota dan Kecamatan Karang Pawitan dengan luas lahan pertanian kurang lebih 148 ha. Pada lokasi yang sama, kegiatan pengerukan dan normalisasi saluran irigasi telah dilakukan tahun lalu dengan menggunakan 2 alat keruk (beco) yang di operasikan oleh Dinas Pertanian dan Kodim 061 Garut.

Pada tahun ini normalisasi saluran selain dilakukan manual dengan tenaga gotong royong petani juga dilakukan pengerukan dengan menggunkan alsin berupa beco. Diharapkan dengan kegiatan normalisasi aliran irigasi ini, antisipasi kekeringan bisa ditangani dengan baik, terutama bisa menyelamatkan hamparan 25 ha sawah yang sudah ditanami pada umur 2-2.5 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *