Antisipasi Kekeringan di Garut Desa Cibunar, Balittro Hadiri Acara Pomponisasi Embung dengan Stakeholder

Dalam upaya penanganan kekeringan lahan sawah dan kebutuhan air bersih di Desa Cibunar, Kecamatan Taronggong Kidul Kab. Garut, Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) selaku penanggungjawab kegiatan upsus di Kabupaten Garut dan Tasik melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian Garut dan aparat pemerintah terkait. Koordinasi dilakukan di Dinas Pertanian Garut di terima oleh Kasubid Tanaman Pangan (Bapak Endang) dan Kadubid Alsin (Bapak Dudung) dilanjutkan dengan kunjungan ke lokasi embung yang akan dilakukan pompanisasi air.

Embung yang ada seluas 1 ha berlokasi di Desa Cibunar yang dibuat oleh warga desa setempat dari tanah bengkok Desa. Tujuan pompanisasi air adalah untuk memenuhi kebutuhan irigasi sawah seluas 148 ha yang pada umumnya ditanami padi.
Peran Dinas Pertanian Garut dalam kegiatan ini adalah menyediakan alsin berupa pompa air untuk menyedot air dari sumber air yang ada untuk di alirkan ke saluran irigasi tersier menuju lahan persawahan.

Selain kegiatan pompanisasi di atas, untuk memperlancar aliran air dari sumber irigasi yang ada, warga setempat setiap hari sabtu melakukan kerjabakti, gotong royong bersama untuk membersihkan saluran dan pengerukan pendangkalan akibat tumpukan sampah dan sedimentasi dari pegunungan yang mengakibatkan penyempitan aliran air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *