Rapat Koordinasi Tindak lanjut Kerjasama di Puslitbang Perkebunan

Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) menghadiri Rapat Koordinasi Tindak lanjut Kerjasama, 21 Februari 2018 dengan tema “Membangun Sinergi Pengembangan Teknologi Perkebunan untuk Kesejahteraan Petani” yang diselenggarakan oleh Puslitbangbun. Dalam kesempatan tersebut Dr. Otih Rostiana mendengarkan aspirasi  dan menanggapi pertanyaan Pemerintah daerah yang hadir.  Sebagian besar pemda tertarik dengan komoditas lada, pala, cengkeh, nilam dan seraiwangi, baik berupa benih, teknologi budidaya/demplot maupun pengolahan hasil.

Pemerintah daerah berkeinginan untuk dapat mencukupi kebutuhan benih sumber untuk pengembangan komoditas tanaman rempah, oleh karena itu pemerintah daerah mengharapkan Balittro dapat berkolaborasi  menyiapkan narasumber FGD, tenaga ahli sebagai pendamping dalam penyiapan kebun sumber benih/kebun induk varietas unggul tanaman rempah, obat dan atsiri, serta demplot hasil inovasi teknologi.

Pemerintah daerah yang telah bekerjasama juga ingin melanjutkan dan mengharapkan pemantauan intensif dari para peneliti berkenaan dengan beberapa serangan OPT dan hama penyakit misalnya pada tanaman lada di Bangka. Dari  pertemuan tersebut, terbukti teknologi yang dihasilkan Balittro sangat ditunggu dan dibutuhkan masyarakat  untuk mendapatkan manfaat langsung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *