Penetapan Prioritas Penelitian Bidang Masalah Komoditas Pala dan Lada

Bogor, 26 September 2018 Tim Priority Setting dari Badan Penelitian dan Pengembangan mengadakan FGD bersama Para Peneliti Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat mengenai Penyusunan Prioritas Penelitian Pertanian untuk komoditas Lada dan Pala. Berdasarkan hasil survei dan analisis dari Badan Litbang, Lada dan Pala merupakan salah dua dari komoditas perkebunan yang menjadi komoditas unggulan dalam mengembalikan kejayaan rempah Indonesia.

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dalam menentukan prioritas bidang masalah komoditas Lada dan Pala yang harus segera diselesaikan. Adapun tujuan dari kegiatan penyusunan prioritas ini adalah: 1). Mengoptimalisasikan pemanfaatan sumberdaya; 2). Menghasilkan produk pertanian yang mendukung tujuan pembangunan pertanian; 3). Menyelaraskan kegiatan penelitian dengan program pembangunan pertanian.

Pembahasan bidang masalah dibagi menjadi 7 kriteria yaitu sumberdaya lahan, air, dan iklim; perakitan varietas dan perbenihan; pupuk/pembenah tanah; gangguan OPT; pasca panen; Alsin Pertanian dan sosial ekonomi.
Kegiatan FGD diakhiri dengan pengisian kuisioner Lada dan Pala oleh Para Peneliti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *