Sosialisasi Program Bekerja dihadiri oleh Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat

Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat – Balittro menghadiri undangan Sosialisasi Program Bekerja Kementerian Pertanian Republik Indonesia-Kabupaten Garut. Dengan tema “Koordinasi dan Perencanaan Implementasi Program Bekerja Tingkat Rumah Tangga Miskin (RTM)”, bertempat di Gedung A Ruang Rapat Setda, Kab. Garut, 3 Agustus 2018. Acara dibuka oleh Asda II Kab. Garut, Hj. Hj Yati Rohayati, dihadiri oleh Kepala Puslitbangbun yg diwakili Kabid KSPHP Ir. Jelfina Alouw , MSc., Ph.D., bersama peneliti dan tim, Kepala BPTP Jawa Barat, Dr.Ir. Liferdi, MSc., Kadis Pertanian Kab. Garut, Anggota Tim Bekerja Pemerintah Kabupaten Garut, para Camat penerima bantuan, pendamping dan penyuluh.

Dalam sambutannya Asda II menyampaikan terima kasih dan penghargaan yg setinggi-tingginyanya kepada Kementerian Pertanian Republik Indonesia yg telah memilih Kab. Garut sebagai penerima bantuan. Kabid KSPHP Puslit Bang Perkebunan dalam paparannya menyampaikan bahwa telah dilakukan verifikasi data RTM, dan berdasarkan hasil verifikasi telah ditetapkan RTM sebanyak 11.802 (96,7%) dr total 4 Kecamatan di 56 desa Kab. Garut. Hasil verifikasi tersebut telah disampaikan ke Ditjen Teknis untuk ditindaklanjuti.

Program Bekerja merupakan upaya Kementan untuk mengentaskan kemiskinan di tanah air berbasis pertanian dengan tiga tahapan, jangka pendek, menengah, dan panjang. Ka. BPTP Jawa Barat, melaporkan ada 3 jenis bantuan yg diberikan ke RTM yaitu (1) Ayam KUB sebanyak 50 ekor/kk, yang diharapkan menghasilkan 180-200 butir/thn, yang diharapkan akan meningkatkan pendapatan RTM, (2) Bantuan bibit tanaman manggis, dan (3) Tanaman sayuran yg dipadukan dengan KRPL.

Adapun agenda untuk mendukung Program Bekerja ini akan dilaksanakan tahapan pendampingan di lapang, yang diawali dengan mengadakan bimtek kepada tenaga pendamping, ujar Liferdi.

Pada tangal 6 Agustus akan diadakan Bimtek kepada petugas di Kecamatan. Terdapat 163 pendamping desa yang nantinya diharapkan 1 petugas dapat mendampingi 50 RTM. Pada tangal 7 Agustus petugas yang sudah dilatih bimtek tersebut akan memberikan pelatihan kepada RTM, imbuhnya.

Selanjutnya Pemaparan “Mekanisme pendampingan dan pelaporan program Bekerja lingkup Badan Litbang Pertanian di Kab. Garut” oleh tim Bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *