Sosialisasi Portal ARJUNA untuk Akreditasi Jurnal Ilmiah Nasional

Jakarta, Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) menghadiri Sosialisasi Akreditasi Jurnal Ilmiah Nasional yang diadakan oleh LIPI (17/7). Publikasi ilmiah dapat dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu berbasis fisik (cetak) dan berbasis elektronik (online). Pengelolaan dan publikasi ilmiah berbasis elektronik/ e-journal memungkinkan dilakukan dengan lebih efisien karena semua proses pengelolaan dilaksanakan secara elektronik. Melalui sistem tersebut dampak ilmiah atau sitasi suatu artikel dapat diketahui dengan cepat sehingga manfaat dari suatu karya tulis ilmiah dapat diketahui segera. Jurnal ilmiah lingkup Balitbangtan sudah diterbitkan dalam dua versi yakni versi cetak maupun elektronik.

Permenristekdikti No 9 tahun 2018 merupakan “milestone” karena merupakan integrasi sistem akreditasi secara nasional. Peraturan ini diharapkan memudahkan dalam sistem akreditasi sehingga tidak terjadi dikotomi antara DIKTI dan LIPI. Berdasarkan peraturan tersebut, institusi yang bertanggung jawab penuh untuk akreditasi adalah Kemenristekdikti, tetapi LIPI masih tetap terlibat dalam pengelolaan jurnal. Selain itu untuk jurnal-jurnal yang belum on-line, akan disediakan sistem OJS oleh LIPI/ Kemenristekdikti beserta SDM yang bertanggung jawab untuk operasional OJS. DOI juga akan disediakan oleh sistem sehingga redaksi hanya bertanggung jawab penuh atas konten dari jurnal saja.

Penilaian akreditasi sebelumnya dilakukan oleh 2 lembaga yaitu Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk jurnal ilmiah yang terbit di lingkungan lembaga litbang dan Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk jurnal ilmiah yang terbit di lingkungan perguruan tinggi. Akan tetapi, sejak 21 Maret 2018 melalui Peraturan Menristekdikti (Permenristekdikti) Nomor 9 Tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah, proses akreditasi jurnal ilmiah di Indonesia dilakukan melalui satu pintu yaitu melalui portal akreditasi jurnal ilmiah (ARJUNA) di laman http://arjuna.ristekdikti.go.id/ dan pengelolaannya oleh Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemenristekdikti. Dengan ditetapkannya peraturan baru tersebut, penilaian akreditasi jurnal terbagi menjadi 6 tingkatan yaitu SINTA 1 sampai SINTA 6, sehingga tidak ada jurnal yang tidak terakreditasi (Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *