Bimbingan Teknik Pembuatan “Minuman Kesehatan Instan Secangfit”

Bogor, 19 Juli 2018. Dalam rangka menderaskan inovasi teknologi yang berkaitan dengan tanaman obat, Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) mengadakan bimbingan teknis pembuatan “Minuman kesehatan Instan Secangfit”. Kegiatan ini di buka oleh Kepala Seksi Jasa Penelitian Dra. Nur Maslahah, MSi didampingi narasumber Ir. Sofiana Bagem Sembiring sebagai peneliti Ekofisiologi Tanaman bidang pascapanen di Balittro.

Dalam sambutannya Dra. Nur Maslahah, MSi menyampaikan semoga bimbingan teknis yang dihadiri oleh 30 orang yang berasal dari berbagai profesi diantaranya karyawan swasta, Ibu rumah tangga, mahasiswa, therapist akupuntur, asisten apoteker, guru, wiraswasta, pembuat jamu, dan PNS semoga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan di lingkungan sendiri serta bisa dikembangkan  untuk skala industri.

Ir. Sofiana Bagem Sembiring selaku narasumber menyampaikan kayu secang salah satu tanaman obat yang dapat diolah dan dijadikan minuman kesehatan yang bermanfaat untuk kesehatan. Kayu secang mengandung pigmen, tanin, asam galat, brasilin, saponin, senyawa terpenoid, fenil propana, alkaloid, steroid, senyawa fenolik (flavonoid). Batang dan daun mengandung alkaloid, tanin, fitosterol dan zat warna brazilin. Minyak atsiri terdiri dari osimen, d-felandren, protosappanin A, sappan kalkon.

Kayu secang berkhasiat sebagai peluruh air kemih, melarutkan batu saluran kemih, menurunkan tekanan darah tinggi, peluruh batu empedu, wasir, asam urat, radang usus buntu, luka bakar dan memar,” ujar Sofiana Bagem Sembiring.

Kegiatan Bimbingan teknis ini diakhiri dengan mengajak peserta bimtek keliling Kebun Wisata Tanaman Obat Balittro. (Efiana/Balittro)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *