Bimbingan Teknik Perbenihan, Budidaya dan Penyulingan Minyak Atsiri di Balittro

Bogor, 10 Juli 2018 Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) melakukan Pendampingan Perbenihan, Budidaya dan Penyulingan Minyak Atsiri untuk tanaman lada dengan peserta dari Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan yang berjumlah 10 orang pada tanggal 10-12 Juli 2018. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Balittro Dr. Wiratno.

Dalam sambutannya Kepala Balittro, Dr. Wiratno menyampaikan peranan penting tanaman lada mendukung perekonomian Indonesia. Tanaman lada pernah mengangkat kejayaan rempah Indonesia. Saat ini petani lada memiliki banyak tantangan salah satunya terkait menurunnya produksi lada karena serangan OPT.  Diharapkan bimtek ini dapat membantu mengatasi permasalahan lada di Indonesia.

Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Kabupaten Bangka Selatan Ibu Agustin Tripitri Karyani, S.ST menyampaikan maksud dan tujuannya ke Balittro dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pegawai Dinas Pertanian, Pangan, Perikanan Kabupaten Bangka Selatan di bidang perkebunan, khususnya untuk tanaman lada.  Diharapkan dengan mengikuti kegiatan ini, peserta bimtek lebih memahami cara budidaya, perbanyakan, pengenalan varietas lada, pengendalian OPT, serta meningkatkan nilai tambah dengan pengolahan penyulingan minyak atsiri.

Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan selama 2 hari di Balittro dan 1 hari kunjungan lapang ke Kebun Percobaan Sukamulya Sukabumi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *