Pendampingan Meracik Jamu

Bogor, 4-6 Juli 2018 Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) melakukan Pendampingan Pengolahan dan Diversifikasi Produk Tanaman Rempah dan Obat, peserta berasal dari Klaster Binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten yang berjumlah 5 orang. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Balittro Dr. Wiratno dan didampingi Narasumber Ir. Sofiana Bagem Sembiring.

Dalam sambutannya Drs. Abdallah Irham, MPd selaku ketua rombongan peserta pendampingan dari Kantor Bank Indonesia Provinsi Banten menyampaikan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kompetensi sumber daya manusia Klaster Binaan Bank Indonesia khususnya teknik meracik jamu, makanan dan minuman sehat dari tanaman rempah dan obat.

Dalam arahannya Kepala Balittro Dr. Wiratno sangat berapresiasi karena diberikan kepercayaan untuk membimbing para petani binaan Bank Indonesia Provinsi Banten dan yang utama perlu diperhatikan dalam meracik jamu adalah kualitas harus stabil agar tidak merubah tekstur atau rasa.

Kegiatan Pendampingan ini dilaksanakan 3 hari di Balittro, dengan melakukan demo pembuatan permen jahe, permen kencur, pembuatan instan temulawak, instan pegagan, demo penyulingan minyak atsiri jahe dan diakhiri kunjungan lapang ke Unit Perbenihan Benih Sumber, Griya Jamu serta Kebun Wisata Ilmiah Tanaman Obat.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *