Kunjungan Alih Teknologi ke Balittro

Bogor, 5 Juli 2018 Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) menerima Rombongan Kunjungan Alih Teknologi dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemerintah Kabupaten Maros. Kunjungan ini berjumlah 20 orang terdiri dari Bupati Maros, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan,  Para Kepala OPD dan Para Camat se Kotamadya Maros.

Kunjungan dibuka oleh Dr. Sukamto mewakili Kepala Balittro, dalam sambutannya Bupati Maros Ir. M. Hatta Rahman, M.M., selaku ketua rombongan menyampaikan kegiatan kunjungan ini dalam rangka pengembangan tanaman rempah dan obat di Kabupaten Maros sehingga dapat mempelajari dan melihat secara langsung cara pengembangan tanaman rempah dan obat yang benar dan berproduksi tinggi.

Dalam pemaparan materinya Dr. Sukamto menyampaikan tentang profil Balittro dan memaparkan Varietas yang telah di lepas oleh Balittro diantaranya : 1). Tanaman Rempah (Lada, Vanili, Pala, Cengkeh); 2). Jambu Mete; 3). Obat ( Jahe Putih Besar, Jahe Putih Kecil, Jahe Merah, Kencur, Kunyit, Temulawak, Pegagan, Sambiloto, Purwoceng); 4). Aromatik (Nilam, Serai wangi, Mentha, Akar wangi).

Harapannya dengan kunjungan yang singkat ini dapat menambah pengalaman alih teknologi bagi peserta kunjungan di Kabupaten Maros khususnya tanaman rempah dan obat. Kunjungan ini diakhiri dengan peninjauan lokasi Kebun Wisata Ilmiah Tanaman Obat, Unit Pengelola Benih Sumber dan Griya Jamu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *