Pendampingan Bimbingan Teknik Jambu Mete

Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat melakukan pendampingan teknis Komoditas Jambu Mete terhadap Tenaga Kontrak Pendamping Pembangunan Perkebunan (TKP3) Direktorat Perbenihan Perkebunan, Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian. Kegiatan ini terdiri dari 9 peserta yang berasal dari perwakilan setiap provinsi dan didampingi oleh Kepala Seksi Produksi Benih Ditjenbun dan 4 staf  Ditjenbun.

Kegiatan Pendampingan ini dibuka oleh Kepala Balittro Dr. Wiratno di dampingi oleh Kepala Seksi Jasa Penelitian Dra. Nur Maslahah, MSi. Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan Kapabilitas Teknis untuk TKP3 Ditjenbun khususnya Komoditas Jambu Mete sehingga siap untuk terjun di lapangan dengan lebih baik, setelah mendapatkan pengetahuan dari Narasumber yang berkompeten dibidangnya.

Pendampingan teknis ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 6 sd 8 Maret 2018, yang pelaksanaannya 2 hari pemaparan materi dikantor Balittro dan 1 hari praktek lapang di KP. Cikampek. Dengan materi Pemuliaan, Perbenihan dan Budidaya Jambu Mete oleh Narasumber Dr. Otih Rostiana, Ir. Usman Daras. M.Agr.Sc. dan Ir. Agus Ruhnayat.

Setelah 2 hari pemaparan materi di Kantor Balittro, hari ke 3 di KP Cikampek dilakukan evaluasi kegiatan dengan diadakan perlombaan antar para peserta pendampingan dalam mempraktekan penyambungan dan grafting Jambu Mete yang benar.

Dari Hasil perlombaan tersebut diperoleh 3 orang peserta pendampingan teknis Jambu Mete sebagai pemenang diantaranya peserta dari Sulawesi Tenggara (Kab. Muna dan Kab. Muna Barat) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (Kab. Gunung Kidul).

Kegiatan pendampingan teknis ini ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada para peserta pendampingan teknis Jambu Mete yang diserahkan oleh Narasumber Dr. Otih Rostiana. Harapannya semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan diterapkan bagi Petugas TKP3 di daerahnya masing-masing sehingga berguna pula untuk para petani.

One thought on “Pendampingan Bimbingan Teknik Jambu Mete

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *