Menggali Potensi Sumber Mata Air di Kebun Percobaan Cimanggu Balittro Mendukung Perbenihan Mete dan Cengkeh yang berkualitas

 Menggali Potensi Sumber Mata Air di Kebun Percobaan Cimanggu Balittro
Mendukung Perbenihan Mete dan Cengkeh yang berkualitas
 
Oleh
Tri Eko Wahyono, SP.PG.Dipl
Kepala Kebun Percobaan Cimanggu

Kebun Percobaan  Cimanggu, adalah salah  satu  kebun  ke dua tertua setelah Kebun Raya di kota Bogor, dibawah  pertanggung  jawaban Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat, dengan kelengkapan  plasma tanaman  tahunan  cukup beragam yang berjumlah 349 jenis dan 2215 aksesi dengan usia bervariasi sampai di atas 50 tahun. Tahun 2017 yang  lalu Kebun Percobaan Cimanggu Balittro mendapat tugas untuk mendukung perbenihan Nasional yaitu pengembangan benih mete dan cengkeh yang berkualitas. Berbagai sarana dan prasarana pendukung telah dibuat sesuai standar yang telah ditentukan antara lain benih yang bervarietas unggul, persemaian, rumah pembibitan dan pemeliharaan. Pemeliharaan merupakan salah faktor keberhasilan dalam perbenihan yang berkualitas baik seperti penyiangan, pemupukan, pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT) dan penyiraman. Ketersedian air merupakan komponen penting dalam pemeliharaan benih yang sudah tumbuh dengan baik sehingga ketersedian air harus perlu diperhatikan.  Ketersedian air di Kebun Percobaan Cimanggu bisa dibilang melimpah dan sudah dimanfaatkan untuk pengairan dan air minum. Karena itu, ada banyak cara yang dilakukan agar air tersebut tidak terbuang percuma. Misalnya seperti membuat dam, bendungan, embung, dan waduk.  Pemanfaatan sumber mata air di Kebun Percobaan Cimanggu menjadi salah satu komponen utama dalam penyedian air yang dimanfaatkan sebagai pemeliharaan khususnya penyiraman tanaman berikut pemanfaatan air yang sudah dilakukan adalah :

                              

Kolam cadangan air dan sumber mata air di Kebun Percobaan Cimanggu

                           

Pemanfaatan sumber mata air dalam mendukung tahun perbenihan 2018

Begitu besarnya pemanfaatan air yang berada di Kebun Percobaan Cimanggu perlu mendapat perhatian khusus dalam pemeliharaannya agar sumber mata air tetap terjaga dan dapat mengantisipasi musim kemarau sebagai cadangan air yang berlimpah.

 

4 thoughts on “Menggali Potensi Sumber Mata Air di Kebun Percobaan Cimanggu Balittro Mendukung Perbenihan Mete dan Cengkeh yang berkualitas

  • Senin Mei 21st, 2018 at 02:09
    Permalink

    Emang seperti apa bentuk pemeliharaannya? Apa tidak ada pengelolaan khusus terhadap sumber mata air yang ada ini?

    Reply
    • Kamis Agustus 9th, 2018 at 04:39
      Permalink

      Terima kasih sudah berkunjung ke halaman website Balittro. Pengelolaan air dapat dibaca di artikel

      Reply
  • Minggu Mei 27th, 2018 at 02:32
    Permalink

    Langkah efektif dan efisien untuk memanfaatkan air dengan baik guna menjaga air tetap tersedia disaat musim kemarau tiba.

    Reply
    • Kamis Agustus 9th, 2018 at 04:29
      Permalink

      Terima kasih sudah berkunjung ke halaman website Balittro. Terima kasih

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *