Balittro Studi Banding Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Ke BET Cipelang

Bogor 19 Januari 2018, Dalam rangka meningkatkan layanan dan penyampaian informasi kepada public khususnya mengenai pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat mengadakan Kunjungan Studi Banding ke Balai Embrio Ternak Cipelang sebagai pemenang juara 1 kategori PPID Pelaksana UPT se-Kementerian Pertanian. Kunjungan Tim PPID Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat yang berjumlah 5 orang ini dikoordinir oleh Kepala Seksi Jasa Penelitian Dra. Nur Maslahah, Msi. dan diterima langsung oleh Kepala Balai Embrio Ternak Cipelang Drh. Oloan Parlindungan, MP yang didampingi oleh Kasie Informasi dan Penyebaran Hasil Sri Wahyuni Siswanti, S.Pt., M.Si dan Menik Setyarini, A.Md.

Dalam sambutannya Dra. Nur Maslahah,MSi menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya ke Balai Embrio Ternak Cipelang dalam rangka mendapatkan kisi-kisi mengenai Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang baik khususnya layanan prima sehingga dapat dilakukan pembenahan dan diterapkan di Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat.

Kepala Balai Embrio Ternak Cipelang Drh. Oloan Parlindungan, MP menyampaikan bahwa Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) harus berupaya memberikan pelayanan informasi publik dengan sungguh-sungguh, dapat memberikan pelayanan informasi yang cepat dan tepat waktu, memberikan kemudahan dan mendapatkan informasi publik bidang komunikasi dan informatika yang diperlukan dengan murah dan sederhana serta di akhiri dengan melakukan pengawasan internal dan evaluasi kinerja pelaksana. Untuk Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) bobot penilaian indikator yang harus diperhatikan adalah “Pengelolaan dan Pendokumentasian Informasi Publik” karena bobotnya cukup besar 30% dan “Pelayanan Informasi Publik” bobotnya 25%.

Kegiatan kunjungan ini dilanjutkan dengan pemaparan tentang profil dan Layanan Balai Embrio Ternak Cipelang oleh Sri Wahyuni Siswanti, S.Pt., M.Si selaku Kepala Informasi dan Penyebaran Hasil serta di akhiri dengan diskusi interaktif khusus tahapan teknis Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Harapannya dari Kunjungan Studi Banding ini dapat menjadi perubahan yang positif dalam pelayanan di Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat. (Liputan: Efiana/Balittro)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *