Kayumanis Menarik Tradewin Global Biomass Energy Sdn Bhd (TGBE) Malaysia untuk datang ke Balittro

Bogor (18/12) Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat mendapat kunjungan  dari negeri tetangga Malaysia yaitu dari Tradewin Global Biomass Energy Sdn Bhd (TGBE), adalah sebuah syarikat dari Malaysia yang terletak di Keningau, Sabah, yang menghasilkan produk – produk dari kayumanis terutama minyak pati kayumanis dengan menggunakan teknologi hydrodistilation yang terbaru.

Kayumanis ialah sejenis pohon penghasil rempah-rempah. Termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Kayumanis dengan nama ilmiah Cinnamomum burmannii merupakan rempah dengan berbagai manfaat untuk kesehatan dan sebagai tambahan dalam makanan yang telah digunakan mulai sejak jaman Mesir kuno. Kayumanis banyak tersebar di sepanjang bukit barisan pulau Sumatera.

Kunjungan diterima langsung oleh Kepala Balai Dr.Wiratno beserta Koordinator  program  rempah yaitu Dr.Nurliani Bermawie, serta peneliti kayumanis Drs.Cheppy Syukur. Kunjungan tersebut membahas mengenai kemungkinan kerjasama antara Tradewin Global Biomass Energy Sdn Bhd (TGBE) dengan Balittro khususnya dalam bidang kayumanis. Dari Malaysia rombongan sejumlah 5 orang yaitu diantaranya Datuk Justin Guka sebagai managing director TRADEWIN dan Zainal Abidin Hj Bakri director SUPERRICH MIRACLE. Hasil kunjungan dan diskusi akan ditindak lanjuti dengan rencana pembuatan MOU kerjasama baik dalam bidang penelitian maupun penyediaan bahan baku kayumanis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *