Penetapan Pohon Induk Terpilih Kayumanis di Laing Solok Sumatera Barat

Kegiatan penetapan Blok Penghasil Tinggi dan Pohon Induk Terpilih tanaman Kayumanis (Cinnamomum burmanni dan Cinnamomum zeylanicum) di kebun percobaan Laing, Solok Sumatera Barat pada tanggal 27-29 November oleh tim yang terdiri dari pemulia Balittro (Cheppy Syukur), PBT dari Dirjenbun Jakarta (Iswandi Mulyono), PBT dari Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Medan (Roni Ginting), PBT dari BPPMB Sumatera Barat (Dina Hervina), dan kepala Kebun Laing (Dadang Rukmana). Dari kegiatan tersebut tim memperoleh kesepakatan, bahwa PIT di Kebun Percobaan Laing yang akan ditetapkan adalah sebanyak 16 pohon yang terdiri dari 11 pohon C. burmanni dan 5 pohon C.zeylanicum.

Sejumlah 16 PIT tersebut akan dijadikan sumber benih untuk pengembangan tanaman kayumanis di Provinsi Sumatera Barat. Dimana kegiatan PIT kayumanis yg sebelumnya juga telah di lakukan pada tahun 2016 di Hulu Sungai Selatan Kalimantan Selatan dan pernah juga dilakukan pada awal tahun 2017 di kabupaten Kerinci propinsi Jambi oleh tim yg sama.

Kegiatan dilanjutkan pada tanggal 7-9 Desember di Tanah Datar Solok, kegiatan identifikasi, penetapan blok penghasil tinggi dan penetapan pohon induk terpilih kayumanis (cinnamomum burmanni) dimana penetapan pohon induk terpilih kayumanis di tanah datar Sumatera Barat, diperoleh 20 pohon induk yg berpotensi menghasilkan benih lebih dari 30.000 biji per pohon sebagai sumber benih kayumanis cinnamomum burmanni.

Sehingga sampai akhir tahun 2017, sumber benih kayumanis sebagai varietas unggul lokal sudah ada PIT yg di tetapkan, yaitu di kabupaten Hulu Sungai Selatan , Kalimantan Selatan, dan Kabupaten Kerinci, Jambi, dan yg sedang dalam proses penetapan yaitu PIT di kota Solok. Dan Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat.
Sumber : Drs. Cheppy Syukur (bidang keahlian pemulia dan genetika tanaman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *