Bimtek Penyulingan Minyak Atsiri dan Pengolahan Ekstraksi Tanaman Obat

Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) Badan Litbang Kementerian Pertanian mengadakan pendampingan Penyulingan Minyak Atsiri (Pala, Lada dan Cengkeh) dan Pengolahan Ekstraksi Tanaman Obat (Kunyit, Temulawak, Jahe dan Jambu Mete) tanggal 7-9 Nopember 2017 di Bogor. Peserta berasal dari Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya dan PT. Bukit Warna Abadi Bekasi. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Subbagian Tata Usaha Balittro Hedi Mediansyah, SE.

Dalam paparannya narasumber Ir. Ana Bagem selaku peneliti pengolahan tanaman Obat menyampaikan “Kemurnian Simplisia ada beberapa kriteria diantaranya tidak boleh menyimpang dari bau dan warna aslinya, aroma harum dan tidak bau apek, bebas dari serangga + pragmen hewan atau kotoran, tidak boleh mengandung bahan yang berasun dan berbahaya, kadar air maksimal 5% dan bahan organik asing maksimal 2 %”.

Bahan baku untuk minyak atsiri bisa berupa daun, bunga, batang kayu, kulit kayu, buah, biji, akar atau rimpang dan metode penyulingan harus diperhatikan faktor-faktor teknisnya karena dapat mempengaruhi rendemen maupun mutu minyak atsiri yang dihasilkan, ujar Ma’mun, SSi selaku Narasumber Penyulingan Minyak Atsiri. Kegiatan Bimbingan Teknis ini ditutup oleh Kepala Seksi Jasa Penelitian Balittro Dra. Nur Maslahah, MSi. (liputan efiana/Balittro)

Foto: Acara pembukaan Bimtek oleh Kepala Subbagian Tata Usaha Balittro Hedi Mediansyah, SE., dan peserta Bimtek Penyulingan Minyak Atsiri (Pala, Lada dan Cengkeh) dan Pengolahan Ekstraksi Tanaman Obat (Kunyit, Temulawak, Jahe dan Jambu Mete) tanggal 7-9 Nopember 2017 di Bogor.

Foto: Narasumber Ir. Ana Bagem selaku peneliti pengolahan tanaman Obat, dan Ma’mun, SSi selaku narasumber Penyulingan Minyak Atsiri, Balittro.

Foto: Acara penutupan Bimtek oleh Kepala Seksi Jasa Penelitian Balittro Dra. Nur Maslahah, MSi., dan foto bersama dengan peserta Bimtek dan Narasumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *