Pentingnya Produksi Benih Lada dengan Teknologi yang Baik dan Benar

Lampung – Kegiatan Bimbingan teknis Perbenihan Hortikultura dan Perkebunan yang diselenggarakan oleh BBP2TP berlokasi di Lampung pada tanggal 10 – 13 oktober 2017 yang dihadiri dari berbagai stake holder tanaman lada antara lain para peneliti BPTP dari daerah sentra produksi lada provinsi Lampung, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan, aparat Pemda Lampung tingkat 1 dan tingkat 2 yaitu dari kabupaten produsen lada Tanggamus dan Lampung Timur, serta petani dan penangkar lada dari daerah Lampung lainnya.

Kegiatan bimbingan teknis produksi benih tanaman lada ini penting dilakukan untuk memberikan masukan kepada petani produsen lada dalam memperbanyak benih tanaman lada sesuai dengan anjuran. Serta melakukan praktik langsung dilapang dengan bimbingan peneliti ahli agar bisa langsung dipraktikkan oleh peserta mengenai teori-teori yang diberikan.

Perbanyakan benih yang banyak dilakukan oleh petani, sebagian besar belum menggunakan teknologi perbanyakan benih yang baik dan benar. Permasalahan di lapang dalam perbanyakan benih lada antara lain banyak petani menggunakan benih asal-asalan yang belum jelas asal-usulnya atau varietasnya. Selain itu teknik perbanyakannya pun masih menggunakan teknik yang selama ini dipelajari secara turun temurun antara lain penggunaan benih yang berasal dari sulur cacing dan sulur gantung. Padahal kedua sulur tersebut tidak direkomendasikan untuk perbanyakan benih lada karena selain membutuhkan waktu lama produksi produksi buah, keragaan sulur tanamannya juga kecil sehingga akan berpengaruh terhadap produksi yang dihasilkan. Sulur yang direkomendasikan untuk perbanyakan benih adalah sulur panjat karena selain cepat menghasilkan buah, keragaan tanamannya juga lebih kokoh dan kuat karena sulurnya lebih besar.

Selain itu permasalahan lain yang dihadapi petani untuk memproduksi benih lada adalah belum banyak yang mempunyai kebun induk sebagai sumber benih lada. Umumnya mereka mengambil bahan tanaman untuk perbanyakan benih berasal dari kebun produksi (di atas umur 3 tahun). Padahal umur tanaman yang baik digunakan sebagai bahan untuk perbanyakan benih diambil dari tanaman yang berumur 12-24 bulan sebelum tanaman berbunga. Kebun induk tersebut diperuntukkan hanya untuk produksi benih dan bukan untuk produksi buah lada.

Sumber : Dr. Ir. Gusmaini, M.Si bidang keahlian budidaya tanaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *