Andaliman Samosir Rempah Dengan Rasa dan Aroma Istimewa

Andaliman (Zanthoxylum acanthopodium DC.) adalah rempah yg biasa digunakan dalam masakan masyarakat Tapanuli. Buah Andaliman memberikan rasa dan aroma istimewa terhadap masakan karena kandungan senyawa aromatik dan minyak esensial di dalam buah tsb. saya coba mengunyah buah Andaliman, menurut saya sih…. ada rasa pedas sekejap, kemudian ketir dan “semriwing” di dalam mulut, juga tercium aroma kulit citrus, karena tanaman ini memang satu keluarga dengan jeruk (Rutaceae).

Penelitian beberapa ahli juga menunjukkan bahwa salah satu komponen bioaktifnya adalah Limonen (senyawa yg biasa ditemukan dalam kulit jeruk) dan beberapa senyawa aromatik lainnya… Para ahli farmakologi menyatakan bahwa kandungan bioaktif andaliman mempunyai efek cardioprotector; juga dapat digunakan sbg chemoterapeutic untuk breast cancer… Nah menarik bukan?

Sudah sejauh manakah potensi Andaliman digali? Sudah tersediakah benihnya? Menurut Distan Kab. Samosir belum tersedia benih yang legal. Oleh karena itu kami datang ke Samosir untuk mendorong agar daerah segera memiliki varietas unggul Andaliman.

Hasil identifikasi awal Tim dari Balittro bersama dengan Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Medan pada tanggal 23 – 26 Oktober 2017 yang dikawal oleh Petugas Dinas Petanian Kab. Samosir di desa Hariara Pintu, Kec. Harian, Kab. Samosir SUMUT, petani menanam andaliman tidak tentu jumlahnya, bergantung kepada harga jual di lokasi yang terpencar. (Sumber : Dr. Otih Rostiana – Peneliti Utama Pemuliaan dan Genetika tanaman).

  

One thought on “Andaliman Samosir Rempah Dengan Rasa dan Aroma Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *