Kunjungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Martapura

Kunjungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Martapura hari ini (27/10) dengan tujuan untuk mempertajam ilmu mengenai tanaman rempah dan obat, untuk menjadikannya produk yang siap untuk dipasarkan. Potensi Kabupaten Banjar sangatlah besar untuk tanaman rempah dan obat ini seperti yang dikatakan oleh Agus Ibrahim selaku pengantar rombongan yang membawa Kasie Bidang Pemasaran, Kasie Bidang Kimia dan lainnya. Karena ada kurang lebih 8 ribu industri bina disana.

Peserta diterima langsung oleh Kasie Jasa Penelitian Dra. Nur Maslahah, M.Si yang membuka dengan memperkenalkan secara singkat mengenai Balittro mulai dari sejarah awal mula berdiri sampai dengan produk-produk yang dihasilkan baik itu desiminasi maupun produk informasi warta, sirkuler dan terbitan lainnya.

Pengunjung yang berjumlah kurang lebih 10 orang bertemu juga dengan narasumber Ir Ana Bagem yang memaparkan manfaat, proses dan keunggulan herbal yang bahkan telah ditetapkan dengan Undang-undang yang diharapkan nantinya semua Rumah Sakit menggunakan bahan herbal dalam pengobatan, dan mengurangi bahan kimia sintetis. Industri kecil menengah saat ini sebagian besar menggunakan bahan baku simplisia yaitu bahan baku yang dalam tahap pengeringan saja, dimana hal itu harus hati-hati karena jika salah dalam proses dan penggunaan alat yang tidak bagus maka yang ada bukanlah sebagai obat melainkan toxicity. Maka dari itu pengawasan dan pemrosesan harus ditangani dengan benar.

Dengan sedikit pengantar dari kasie Jaslit dan narasumber peserta kunjungan diarahkan langsung untuk dapat melihat koleksi tanaman rempah dan obat di Kebun Wisata Ilmiah dilanjutkan ke Griya Jamu dimana mereka bisa secara langsung melihat dan mencoba produk herbal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *