TKP Ditjenbun Melakukan Penyemaian Lada di KP. Sukamulya

Dicanangkannya tahun benih pada tahun 2018 membuat Ditjenbun mengirimkan sejumlah TKP dari masing-masing daerah dari seluruh Indonesia, mulai dari Aceh sampai dengan Sulawesi kurang lebih ada 11 daerah perwakilan yang nantinya diharapkan mampu menciptakan garda terdepan dalam penyediaan benih unggul tersertifikat.

Selaku pendamping dari peserta Dadang Darmawiyadi, S.Kom, MM mengatakan bahwa konsep Kawasan Mandiri Benih sumber di tingkat desa yaitu Desa Mandiri Benih diharapkan mampu menyediakan dan membantu para petani mendapatkan benih yang bermutu dan kualitas bagus tersertifikasi resmi. Sesuai dengan mandat Presiden serta Menteri Pertanian kita bahwa untuk mendapatkan produk hasil yang bagus harus diawali dengan benih dan bibit yang bagus pula.

Direktorat perbenihan akan bersinergi bekerja sama mulai dari tingkat atas sampai dengan UPTD untuk dapat bersama-sama melakukan perbenihan ini agar sesuai yang diharapkan. Pada kesempatan kali ini setelah belajar mengenai pala di KP. Cicurug, peserta dapat praktik dan melakukan langsung langkah-langkah penyemaian lada, mulai dari bagaimana mengambil calon benih, memilih benih induk, menyemai pada cocopeat sampai dengan bagaimana cara yang benar dalam pengiriman benih tersebut dengan ekonomis.

Kepala Kebun Percobaan Sukamulya Wawan Lukman memberikan pendampingan langsung peserta. Dengan didampingi staf KP. Sukamulya peserta dibimbing dan diberikan pembekalan secara detail agar dimana saat mereka kembali ke daerah masing-masing dapat langsung mempraktikkan dan membangun kebun bibit secara benar sesuai dengan standarisasi yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *