TKP Ditjenbun Belajar Pala di KP. Cicurug

CICURUG (26/10) Dadang Darmawiyadi, S.Kom, MM sebagai pendamping TKP Ditjenbun mengatakan bahwa, Dengan adanya TKP (tenaga Kontrak Pendamping) perkebunan di masing-masing daerah yang kami kirimkan tujuannya adalah untuk pembuatan benih swakelola kedepannya, membangun kebun sumber benih di tingkat desa yaitu Desa Mandiri Benih, kawasan mandiri benih untuk mendukung komoditas perkebunan tak lagi menggunakan benih asalan tetapi sudah menggunakan benih yang sudah tersertifikasi,  dimana tahun 2017 ini merupakan tahap awal dan diteruskan pada 2018 serta 2019 untuk memenuhi program perbenihan yang dicanangkan oleh Amran Sulaiman Menteri Pertanian. Mulai dari bagaimana pembibitan, pemeliharaan sampai dengan sertifikasi benih tanaman yang dikelola.

Kunjungan ke Kebun Percobaan Cicurug untuk melihat langsung serta mempraktikkan teori dan bahan materi yang di dapat dari para peneliti di Balittro untuk di praktikkan langsung. Kunjungan diterima langsung oleh Kepala Kebun. Mardiana menjelaskan bahwa komoditas tanaman pala berada di KP ini dengan 36 aksesi pala, yaitu banda, patani, manado, ternate, sampai dengan irian dan tidore. Di KP Cicurug dengan 7 SDM serta 4 tenaga harian dengan 1 satpam, mengelola kebun seluas 9,55 Ha dengan ketinggaian kurang lebih 550 mdl, terdapat 28 pohon tersertifikasi yang digunakan sebagai kebun induk perbenihan pala.

Kegiatan dimulai dengan melihat langsung ciri-ciri pohon dan buah pala, jenis serta membedakan pohon pala jantan dan betina. Dilanjutkan dengan melihat penyemaian benih buah pala di cocopeat dan praktik langsung menyambung/grafting brnih pala langkah demi langkah serta penjelasan pendamping bagaimana mendapatkan dan menghasilkan benih pala yang bagus.

Mari kita kembalikan rempah Indonesia dengan TKP sebagai ujung tombak digaris depan sebagai pendamping petani untuk memproduksi benih rempah unggul di masing-masing daerahnya, dengan pembekalan dari para peneliti dan tenaga teknis mulai dari materi sampai dengan praktik langsung di lapang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *