Pendampingan TKP Ditjenbun dari 11 Provinsi Menyongsong Program Kebangkitan Rempah

Bogor (24/10) Selamat datang di Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat peserta bimbingan teknis TKP (Tenaga Kontrak Pendamping) Ditjenbun dari 11 provinsi di Indonesia. Dr. Ir. Wiratno, M.Env. Mgt,  Kepala Balai dalam sambutannya menyampaikan semoga para peserta dapat menyerap ilmu dan wawasan sebanyak-banyaknya dengan narasumber yang sangat ahli di bidangnya masing-masing, untuk dibawa kembali ke tempat kerja dan dapat dikembangkan sebagai bekal.

TKP yang didampingi oleh Dadang Darmawiyadi, S.Kom, MM,  menyampaikan maksud dan tujuannya adalah untuk peningkatan kapabelitas tenaga kontrak pendamping perkebunan ini untuk bekal dalam tahun perbenihan, sehingga mendapat wawasan dan ilmu yang nantinya diharapkan dapat mendampingi produksi benih yang sudah dan yang akan dilaksanakan ke depan. Serta mendapatkan ilmu yang sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Diharapkan juga dapat mengembangkan ilmu di tempat kerja dalam menghadapi program pemerintah untuk kebangkitan rempah Indonesia.

Pendampingan pada hari pertama dikhususkan untuk tanaman cengkeh mulai dari pengenalan, pembibitan sampai dengan masalah yang dihadapi. Narasumber dalam identifikasi klon varietas cengkeh adalah Dr. Nurliani Bermawie untuk pemateri pengenalan varietas cengkeh, tipe-tipe cengkeh, pemuliaan dan penyediaan benih bermutu tanaman cengkeh, penilaian blok penghasil tinggi cengkeh serta mutu benih siap jalur serta bagaimana pembangunan kebun induk dengan mutu siap salur. Kemudian dilanjutkan oleh Dr. Ireng Darmawati dengan materi pengenalan cara perbanyakan dan teknik budaya cengkeh dilanjutkan praktek lapang dan pengenalan benih hasil perbanyakan vegetatif cengkeh dan praktek lapang cara perbanyakan budidaya cengkeh. Sedangkan Dr. S. Retno Djiwanti memberikan materi mengenai pengenalan dan pengemdalian hama dan penyakit utama tanaman cengkeh.

Mari kembalikan kejayaan rempah Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *