Kunjungan Purna Bhakti Kemenlu ke KP. Manoko

Bandung (19/10) Kepala Kebun Percobaan Manoko Dedi Suheryadi, SP menerima kunjungan dari pegawai Kementerian Luar Negeri yang akan masuk dalam masa purna bhakti, didampingi oleh Hendi Sunandar untuk memperkenalkan sekaligus mengantar pengunjung ke kebun percobaan seluas 20 ha dengan berbagai tanaman rempah dan penelitiannya.

Kebun percobaan yang berlokasi di kecamatan Lembang Bandung, dengan ketinggian 1200 dpl, sangat menarik pengunjung selain cuaca dan hawa dingin yang khas dari kebun percobaan Manoko. Jumlah peserta kurang lebih 70 orang dengan tujuan untuk mengenal lebih jauh mengenai tanaman obat, budidaya tanaman serai wangi sampai dengan pengolahan menjadi minyak atsiri juga tentang pembuatan biogas dari kotoran sapi serta peternakan cacing sebagai pakan ikan lele yang dikembangkan dan diteliti disana.

Pendampingan langsung dengan mengunjungi tempat-tempat yang disebutkan juga dengan penjelasan singkat sangat membantu peserta, dan merekapun bisa langsung menanyakan perihal yang kurang dimengerti atau hal yang menarik untuk diaplikasikan apabila peserta tersebut telah purna bhakti sebagai kegiatan yang bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *