Kunjungan Para Istri Walikota APEKSI Wilayah III ke KWITO, Bogor

BOGOR – Kebun Wisata Ilmiah Tanaman Obat (KWITO), Cimanggu Bogor, mendapat kunjungan dari para istri Walikota Asosiasi Pemerintah Kota seluruh Indonesia (APEKSI) wilayah III (DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta). Rombongan dipimpin oleh istri Wali Kota Bogor, Yane Ardian, dalam rangka “Ladies program” ke Taman Sains dan Teknologi Pertanian Nasional (TSTPN) di Cimanggu, Bogor (27/04/17).

KWITO merupakan salah satu obyek yang disiapkan bagi pengunjung TSTPN yaitu : Agrosinema, Gerai Inovasi Pascapanen, Tagrimart, Kawasan Wisata Ilmiah Tanaman Obat (KWITO), dan Griya Jamu & Spa.Rombongan diterima Kepala Seksi Jasa Penelitian Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) Dra. Nur Maslahah, M.Si. beserta info guide Dedi dan Aang.

Dalam penjelasannya, Nur Maslahah mengatakan bahwa KWITO ini juga merupakan salah satu objek wisata Kota Bogor yang bersifat edukatif. Kebun ini menyajikan wisata untuk pengunjung berupa kelompok tanaman yang mempunyai daya tarik spesifik dengan koleksi 600 jenis tanaman obat. Di KWITO ini juga dikenalkan cara budidaya, pengolahan sampai kepada khasiatnya. KWITO ini merupakan wahana diseminasi hasil penelitian pertanian, media komunikasi institusi penelitian dengan masyarakat di sekelilingnya dan sebagai tempat wisata yang berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya tanaman obat, imbuh Nur.

[Baca juga: KWI Tanaman Obat Siap Dukung Kawasan Inovasi Teknologi Pertanian sebagai Wisata Edukasi]

Para istri Walikota Apeksi Wilayah III ini tertarik dengan penjelasan info guide tentang beberapa jenis tanaman obat dan khasiatnya serta cara penggunaannya. Antara lain tanaman Rosmeri, dapat menjadi tanaman hias di dalam rumah dan pekarangan yang berfungsi untuk mengusir
nyamuk dan mengandung minyak atsiri. Ada juga tanaman Stevia yaitu tanaman pengganti gula dalam minuman, sangat bermanfaat untuk pengidap penyakit diabetes.

Beberapa jenis dari tanaman ini sudah dikemas dalam produk-produk herbal seperti jamu godog, Androcap Sambiloto, Asiaticap Healtro, Healtro Kunyit, Healtro Purwoceng, Healtro Meniran, Healtro Sirih merah, minuman Secang Fit, dan lain-lain. Semua produk-produk ini sudah tersedia di Griya Jamu & Spa yang menjadi kunjungan terakhir dari Ladies program para istri Walikota Wilayah III ke TSTPN Cimanggu Bogor. (Efiana/Balittro)

 

Foto penjelasan info guide kepada rombongan para istri Walikota APEKSI Wilayah III tentang jenis-jenis koleksi tanaman obat di KWITO, Cimanggu, Bogor (27/4/17).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *