Limbah Seraiwangi Pengganti Pakan Sapi

Seraiwangi bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak sapi perah dengan cara pembuatan HAI atau silase dan bisa juga langsung diberikan ke ternak setelah penurunan limbah dari ketel.

HAI atau silase dibuat dengan bahan baku limbah penyulingan daun seraiwangi dengan cara sebagai berikut :

Daun seraiwangi yang sudah dilayukan/dijemur 1 hari dengan berat 700 kg dimasukkan ke dalam alat suling setelah 2 jam penyulingan dihasilkan limbah. Limbah sisa penyulingan dari ketel penyulingan dijemur. Agar tidak banyak air yang dikandung sebaiknya limbah dirajang atau dipotong-potong menjadi 3 sampai 4 potong.

Pencampuran silase atau tetes tebu disiramkan dengan sprayer atau embrat hingga merata. Dimasukan pada kantong plastik atau tempat yang tertutup sehingga anaerob, tidak berhubungan dengan udara luar/kedap udara. Dibiarkan selama 10 sampai 14 hari. Kemudian dibuka, dikeluarkan dan dilihat apabila tidak berjamur silase tersebut berarti sudah jadi atau masak, bagus harumnya, cukup wangi dan tidak apek atau bau, dan siap untuk dikonsumsi oleh ternak.

Di Kebun Percobaan Manoko Lembang ada kebun tanaman seraiwangi dan penyulingan yang sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *