Magang Teknologi

Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik (Balittro) telah menghasilkan inovasi teknologi komoditas obat dan aromatik meliputi: benih varietas unggul, teknik budidaya, pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) dan teknologi pasca panen. Akan tetapi inovasi teknologi tersebut belum optimal dimanfaatkan oleh praktisi pertanian/perkebunan untuk meningkatkan produktivitas, mutu dan sekaligus daya saing produk. Hal tersebut disebabkan belum optimalnya kegiatan sosialisasi guna mempromosikan inovasi teknologi tersebut ke masyarakat.

Dalam upaya mendukung pengembangan agribisnis tanaman rempah dan obat, Balittro melaksanakan kegiatan Magang Teknologi Tanaman Rempah dan Obat yang penyelenggaraannya dapat direncanakan dan disesuaikan dengan kebutuhan dan alokasi waktu pengguna.

Magang teknologi bertujuan agar para petugas dari Dinas Provinsi atau Kabupaten/Kota dan praktisi swasta serta petani secara berkelompok atau mandiri dapat menambah pengetahuan dan keterampilan dalam menguasai penerapan teknologi pengembangan komoditas rempah dan obat.

PROGRAM MAGANG

Magang teknologi Tanaman Rempah dan Obat ini memberikan bekal kepada peserta tentang teknologi dan informasi mutakhir komoditas TOA yang disampaikan oleh para pakar dalam bentuk diskusi di kelas dan praktikum serta kunjungan lapang. Magang profesi akan dilaksanakan selama 2 – 3 hari tergantung jenis pelatihan, khusus magang teknologi kultur jaringan waktunya selama 5-6 hari.

Peserta Magang
– Peserta adalah utusan dari Dinas Provinsi, Kabupaten/Kota atau individu (praktisi swasta), petani.
– Calon peserta mengirimkan surat permohonan atau pesan via e-mail untuk menjadi peserta ditujukan kepada Kepala Balittro, dengan mencantumkan jenis magang yang diminati.
– Jumlah peserta magang /bimbingan teknis untuk setiap program minimal 4 orang, kecuali dalam keadaan tertentu, jumlah peserta dapat berubah disesuaikan dengan kesepakatan dan kondisi biaya.

JENIS MAGANG

1. Pencegahan dan Pengendalian Demam Berdarah Dengue (DBD), 2-3 hari
2. Penyulingan Minyak Atsiri dan Ekstraksi Tanaman Obat (2-3 hari)
3. Teknik Meracik Jamu, Makanan dan Minuman Sehat dari Tanaman Rempah dan Obat (2-3hari)

4. Penanganan demam berdarah.
5. Pengenalan minyak Atsiri.

6. Diversifikasi produk dan Pengemasan produk tanaman obat dan aromatik.

7. Teknologi Kultur Jaringan Tanaman Rempah dan Obat (5-6 hari)
8. . Pemanfaatan Teknologi Bio-FOB dalam Budidaya Tanaman Ramah Lingkungan (2-3 hari)
9. Teknik Perbanyakan Agensia Hayati Beauveria bassiana (2-3 hari)
10. Teknologi Pembuatan Pupuk dan Pestisida Hayati (2-3 hari)
11. Teknologi Perbanyakan Bahan Tanaman (2-3 hari)
12. Pengenalan Jenis dan Manfaat TOA (2-3 hari)
13. Deteksi Penyakit pada Tanaman Rempah dan Obat serta Strategi Pengendaliannya (1 hari)
14. Teknologi Pembuatan Produk Herbal (2-3 hari)
15. Teknik Penangkaran Benih Bermutu TOA (2-3 hari)
16. Pemanfaatan Tanaman Obat menuju Kemandirian Pelayanan Kesehatan dan Peningkatan Kesejahteraan Petani (2-3 hari)
17. SNI 17025 dan Uji Profisiensi Minyak Nilam(2-3 hari)
Materi
18. Aromateraphi (2-3 hari)
19. Nutri dan Cosmeceutical Alami (2-3 hari)
20. Pelatihan Pertanian Organik
21 Pemahaman aturan pertanian organik menurut SNI. organik, Pestisida Organik, dll.

8 thoughts on “Magang Teknologi

  • Senin Juni 12th, 2017 at 03:06
    Permalink

    Salam,

    perkenalkan saya fara, sekarang sedang mengambil studi program Bachelor jurusan Ilmu Pertanian semester 2 di Martin Luther University Halle-Wittenberg Jerman. Dalam masa studi saya ini, saya diharuskan untuk PKL selama 6 bulan dalam bidang pertanian. Oleh karena itu, saya berniat mengerjakan Praktek Kerja Lapangan selama 2 bulan tahun ini (yaitu 01 Agustus-30 September) di Indonesia. Besar harapan saya bisa melakukan PKL di Balittro ini. Selain untuk memenuhi program dari kampus, saya juga ingin menambah pengalaman dalam bidang pertanian. Atas balasan yang cepat dan positif saya ucapkan banyak terima kasih.

    Dengan Hormat,
    Faradiba

    Reply
    • Selasa Juni 13th, 2017 at 01:21
      Permalink

      Silahkan mengirimkan surat ke Balai beserta nomor kontak yang bisa kami hubungi, beserta email untuk balasan yang lebih cepat.
      Terima kasih

      Reply
  • Minggu September 10th, 2017 at 05:24
    Permalink

    perkenalkan nama saya Zulfa yang saat ini menjalani kuliah jurusan agroteknologi dengan peminatan pemuliaan tanaman semester 5. izin bertanya apakah pengajuan pkl di balitro pada untuk pilihan kultur jaringan pada bulan januari kuotanya masih tersedia? dan berapa lama waktu yang harus ditempuh untuk menjalani pkl di balitro serta bagaimana syarat2 penajuan pkl lainnya? besar harapan saya dapat diterima sebagai peserta pkl di balitro serta pertanyaan saya ini dijawab. terima kasih banyak.

    Reply
    • Senin September 11th, 2017 at 12:40
      Permalink

      Silahkan mengajukan surat PKL secara resmi disertai kontak untuk kami hubungi dan balasan, bisa juga menghubungi nomor balai untuk informasinya. Terima kasih.

      Reply
  • Selasa Juni 26th, 2018 at 05:48
    Permalink

    Assalamualaikum.
    Maf perkenalkan saya citra mahasiswa institut sains dan teknologi Al-kamal (ISTA) jurusan farmasi.
    Saya mao bertanya jika saya ingin mengambil atau membeli tanaman obat atau simplisia di Balitro itu di tujukan suratnya kepada siapa ya, dan bagaimana prosedurnya?
    Dan ada kontak atau no yg dpat di hub ga ya.mohon infonya.
    Trima kasih
    Wassalamualaikum

    Reply
    • Kamis Agustus 9th, 2018 at 04:13
      Permalink

      Wa’alaikum salam. Terima kasih sudah berkunjung ke halaman website Balittro. Info selanjutnya dapat menghubungi upbs di kontak center 082260370004

      Reply
    • Kamis Agustus 9th, 2018 at 04:44
      Permalink

      Terima kasih sudah berkunjung ke halaman website Balittro. Dipersilahkan untuk menghubungi upbs center di hotline 082260370004

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *