Meninjau Lada Asal Luwu Timur Untuk ke Pasar Internasional

Komoditas lada sebagai salah satu sektor unggulan di Kabupaten Luwu Timur terus dikembangkan. Langkah ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah dengan melakukan pendaftaran dan pelepasan varietas unggul tanaman lada dengan upaya ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pertanian.

Menindaklanjuti pernyataan Kepala Balai Penelitian Tanaman rempah dan Obat pada saat penandatanganan nota kesepahaman antara Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler dengan Kepala Balitbang Kementerian Pertanian, Muhammad Syakir di aula Rumah Jabatan Bupati, Selasa (14/3/2017). Bahwa beliau akan menindaklanjuti mengenai varietas lada ini dengan melakukan penelitian mendalam terhadap varietas lada yang diajukan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur.

Saat ini tim Balittro dipimpin langsung oleh kepala Balai beserta peneliti ahli mengenai buah lada langsung menuju ke kebun petani yang ada di daerah Luwu Timur untuk mengidentifikasi kebun petani sekaligus memberikan pelatihan cara budidaya lada, sehingga buah lada tersebut nantinya bisa dilepas ke pasar nasional maupun internasional sebagai varietas unggul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *